Selasa, 18 November 2014

Pesawat Donat ala Airbus

Binjai Tech - Produsen pesawat Eropa, Airbus, telah membuat sebuah rancangan pesawat masa depan. Pesawat ini memiliki desain yang mirip dengan donat, atau permen Polo.

Menurut Telegraph, Selasa 18 November 2014, ujung pesawat ini cukup runcing, mirip dengan ujung pensil pada pesawat jet. Untuk bangku penumpang, letaknya dibuat melingkar dengan posisi tengah dikosongkan.

Dari atas, desain letak bangku penumpang ini mirip dengan donat. Inilah mengapa orang menyebutnya sebagai pesawat donat.

Meski bentuknya melingkar, bukan berarti tidak ada kasta penumpang. Bangku di lingkar paling luar diperuntukkan bagi penumpang kelas ekonomi dan premium ekonomi. Sedangkan penumpang kelas bisnis dan eksekutif berada di lingkaran dalam.

Desain ini telah dikirimkan ke kantor hak paten di Eropa. Airbus berniat untuk mendaftarkan paten ini.

Yang menarik, selain posisi penumpang yang melingkar, pesawat ini tergolong tidak biasa. Pasalnya, tidak ada sepasang sayap maupun ekor yang menyertai. Jika dilihat sekilas, desain ini mirip dengan pesawat terbang kertas yang biasa dibuat oleh anak-anak.

Menurut pihak Airbus, seperti dilansir dari Telegraph, Selasa 18 November 2014, desain ini memberikan keuntungan tersendiri. Pasalnya, tersedia ruang yang lebih luas untuk digunakan, termasuk kabin.

Sayangnya, desain ini juga memiliki kekurangan karena dengan demikian penumpang akan jauh dari jendela dan pintu keluar. Ini akan memberikan cukup masalah dalam keadaan darurat.

Airbus mengaku jika desain ini hanyalah satu di antara ribuan ide desain yang mereka miliki. Setidaknya, menurut mereka, ada sekitar 6.000 ide yang dimunculkan oleh para teknisi setiap tahun. 

Mereka akan mematenkan seluruh desain ini untuk melindungi perusahaan dari penyalahgunaan properti intelektual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar