Selasa, 11 November 2014

CEO Tesla Ingin Buat Pesawat Listrik


Binjai Tech - Industri pesawat terbang memiliki target yang tidak mudah. Selain peningkatan lalu lintas udara, mereka juga memiliki target pengurangan emisi gas.

Pada tahun 2050 nanti, industri pesawat terbang diperkirakan akan meningkatkan lalu lintas udara sebanyak tujuh kali lipat. Mereka juga ditargetkan harus mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak 4 kali lipat.

Dilansir melalui Space.com, Senin 11 November 2014, langkah paling penting untuk membuat industri ini lebih 'hijau' adalah membuat pesawat komersil yang memiliki daya listrik. Daya seperti itu bebas dari emisi CO2 dan NOx. Sayangnya, butuh banyak waktu dan upaya untuk bisa menemukan baterai listrik yang sesuai dan mumpuni.

CEO Tesla, Elon Musk mengatakan, industri penerbangan akan sangat menarik jika sudah menemukan baterai dengan kemampuan produksi 400 watt-hours per kilogram. Ini dengan rasio kekuatan sel untuk massa keseluruhan antara 0,7 sampai 0,8.

Pada 1994 lalu, baterai lithium-ion baru mampu mencapai kepadatan energi sebesar 113Wh/kg. Lalu meningkat menjadi 202Wh/kg pada 2004. Saat ini, kekuatannya hampit mendapat 300Wh/kg. Diperkirakan dalam beberapa dekade ke depan, kekuatannya mencapai 400Wh/kg.

Untuk menghadirkan biaya murah sekaligus ramah lingkungan, industri juga bisa menggunakan solar panel. Ini merupakan solusi energi termurah yang diharapkan. Bahkan biayanya lebih murah 70 persen dibanding biaya baterai lithium-ion di 2025.

Penggunaan biofuel juga menjadi perhatian. Sayangnya, daur hidup sebuah pesawat diperkirakan hanya sekitar 21 sampai 33 tahun. Oleh karena itu, dibutuhkan waktu lama untuk bisa melakukan transisi dari penggunaan energi fosil ke listrik. Biasanya membutuhkan dua sampai tiga dekade. Di sisi lain, energi biofuel mampu mengurangi emisi karbon antara 36 sampai 85 persen.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah membuat konsep pesawat penerbangan komersil yang diperkirakan akan sukses di masa depan. Berikut tampang pesawat masa depan NASA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar